Fakta suplemen minyak ikan yang belum banyak diketahui

Fakta suplemen minyak ikan yang belum banyak diketahui
Hezne Ezaty Abu Hasan, 06 Mar 2018

Minyak ikan sudah sejak lama dianggap sebagai pil ajaib. Dengan indikasi untuk mencegah penyakit kardiovaskular, diabetes, depresi, masalah kulit dan meningkatkan kesehatan secara umum ? menjadikan minyak ikan sebagai salah satu suplemen yang paling sering dikonsumsi. Banyak orang mengonsumsi suplemen minyak ikan tanpa tahu sama sekali manfaatnya, hanya mengikuti kebanyakan orang.

“Banyak orang tidak tahu mengapa mereka mengonsumsi minyak ikan,” kata Dr R. Preston Mason, anggota fakultas di Harvard Medical School dan President of Elucida Research, perusahaan riset bioteknologi. “Orang mengonsumsi minyak ikan karena kandungan omega-3. Orang-orang mendengar minyak ikan bagus untuk kesehatan, sehingga mereka mengonsumsinya. Kondisi ini menjadi tren saat ini.”

Minyak ikan diketahui kaya akan rantai panjang asam lemak tak jenuh omega-3 ? yang disebut asam docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA). Kandungan ini sangat penting dalam koordinasi dan komunikasi antar sel, terutama di otak.

Penggunaan minyak ikan sebagai suplemen diketahui telah digunakan sejak abad ke-18, sebelum industri ini meledak pada abad ke-19 dan abad ke-20. Kemajuan teknologi juga ikut memengaruhi penelitian mengenai minyak ikan, namun sayangnya, banyak yang mulai menemukan bahwa minyak ikan mungkin tidak sesuai dengan klaimnya.

Meningkatkan keuntungan dan menurunkan risiko
Pertama, DHA dan EPA sangat rentan teroksidasi. Dengan demikian, suplemen minyak ikan over the counter rentan terhadap kerusakan akibat paparan cahaya, oksigen dan panas selama proses pembuatan dan pengiriman.

“Saat senyawanya rusak, tentu saja produk tersebut tidak memberi manfaat yang diharapkan,” tutur Mason. Ia mencatat bahwa hal yang sama bisa terjadi dengan ikan, tapi bau busuk yang timbul akibat kerusakan membuat produk tidak layak dibeli atau dikonsumsi. Suplemen diberi bahan kimia tambahan untuk menutupi bau busuk yang timbul.

Mason juga menemukan bahwa suplemen minyak ikan dikemas lebih dari sekedar omega-3.

“Saya ingin mengajukan pertanyaan: Apa sebenarnya yang ada di dalam kapsul ini?” Dia bertanya. “Kami cukup terkejut melihat bahwa dalam beberapa suplemen yang banyak digunakan ini, hanya sepertiga produknya yang merupakan omega-3, dan keseimbangan dengan lipid lainnya, termasuk lemak jenuh, yang tidak kita kaitkan dengan manfaat kesehatan.”

Selain itu, Bapak Ng Kar Foo, Konsultan Diet di Universitas Kedokteran Internasional (IMU), menyoroti bahwa ada laporan kasus yang juga menunjukkan efek samping dari mengonsumsi terlalu banyak minyak ikan ? seperti perdarahan atau perubahan fungsi kekebalan tubuh.

“Jika seseorang ingin mengonsumsi suplemen minyak ikan, dia harus meminta saran dari dokter atau ahli diet untuk menentukan dosis yang sesuai dan untuk mencegah interaksi obat dengan makanan yang dapat membahayakan kesehatan,” sarannya.

Apakah minyak ikan berbahaya?
Penelitian meta-analisis terbaru dari sepuluh uji acak terkontrol yang dipublikasikan dalam Journal of American Medical Association (JAMA) Cardiology, menemukan bahwa asam lemak omega-3 tidak efektif untuk mencegah penyakit kardiovaskular.

Dari 77.917 individu berisiko tinggi yang mengonsumsi minyak ikan selama kurang lebih empat tahun, ditemukan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dalam mengurangi penyakit jantung. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa rekomendasi penggunaan minyak ikan untuk alasan ini tidak lagi diperlukan.

“Uji coba yang dilakukan dengan hati-hati tidak menunjukan hipotesis bahwa suplemen minyak ikan membantu,” kata penulis senior, Dr Robert Clarke, seorang profesor epidemiologi di Universitas Oxford.

Demikian pula, penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa konsumsi minyak bunga matahari dan minyak ikan dalam jangka panjang dapat merusak hati dan meningkatkan kadar steatohepatitis non-alkohol (NASH) ? yang merupakan katalis untuk sirosis dan kanker hati.

“Penelitian ini menunjukkan bahwa lemak terakumulasi di hati, namun temuan yang paling mencolok adalah bahwa jenis lemak yang terakumulasi bergantung pada jenis minyak yang dikonsumsi,” jelas Jose Luis Quiles Morales, Profesor Fisiologi di Universitas Granada.

“Dapat disimpulkan bahwa terlepas dari akumulasi ini, beberapa organ hati memiliki kondisi yang lebih sehat daripada yang lain dan memiliki kecenderungan lebih besar atau lebih rendah terhadap penyakit tertentu.”

Menyelami bisnis yang mencurigakan
“Hasil dari dua penelitian tersebut tidak mengherankan karena ilmu gizi tidak selalu memberi jawaban yang jelas, terutama saat menguji khasiat gizi tunggal terhadap kesehatan,” kata Mr Ng.

“Gaya hidup termasuk pola makan secara keseluruhan adalah faktor kunci yang memengaruhi sebagian besar penelitian nutrisi dan sulit untuk dikesampingkan dalam penelitian ini,” tambahnya.

Meskipun demikian, mungkin “ada beberapa hal lain tentang mengonsumsi ikan, bukan hanya minyak ikan, dan hal tersebut bermanfaat,” ujar Dr. Cheryl Cipriani, spesialis bayi dan profesor kedokteran di Texas A & M Health Science Center di Dallas. Dia mengomentari dua studi tentang konsumsi minyak ikan pada wanita hamil.

Mr Ng turut setuju, menyatakan bahwa bukti ilmiah untuk sumber makanan yang mengandung omega-3 lebih kuat dan lebih meyakinkan.

“Mereka yang mengonsumsi omega-3 dari sumber makanan cenderung mendapatkan lebih banyak manfaat kesehatan karena makanan menyediakan satu paket nutrisi penting yang hampir tidak dapat ditiru oleh suplemen,” jelasnya. “Selain itu, makanan lebih memuaskan daripada mengonsumsi suplemen.”

Diet kaya omega-3 harus mengkonsumsi cukup banyak makanan, karena ikan berlemak seperti salmon, mackerel dan sardines dikemas dalam DHA dan EPA. Asam lemak ketiga yang disebut alpha-linolenic acid (ALA) juga ditemukan pada kenari, canola, biji rami, biji chia dan biji labu, yang bisa diubah menjadi DHA dan EPA.

“Pada akhirnya, anggapan lama tidak akan pernah salah ? mengonsumsi makanan sehat (termasuk makanan kaya omega-3) dan mempraktikkan gaya hidup aktif sangat penting dalam mendukung kesehatan jantung dan kesehatan kardiovaskular secara menyeluruh,” tutur Mr Ng. Sumber MIMS.Com

Posted in HIKMAH | Leave a comment

Hadits Arbain 1 : Niat dan Ikhlas

Hadits Arbain 1 : Niat dan Ikhlas

عَنْ أَمِيْرِ الْمُؤْمِنِيْنَ أَبِيْ حَفْصٍ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُوْلُ: إِنَّمَا اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى. فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ، وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُهَا أَوْ امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ.
[رواه إماما المحدثين أبو عبد الله محمد بن إسماعيل بن إبراهيم بن المغيرة بن بردزبة البخاري وأبو الحسين مسلم بن الحجاج بن مسلم القشيري النيسابوري في صحيحيهما اللذين هما أصح الكتب المصنفة]

Kosa kata:

الأعمال ج العمل:  Perbuatan         امرء      :    Seseorang
نوى            :   (Dia) niatkan    امرأة      :    Seorang wanita

Arti Hadits Hadits Arbain 1 : Niat dan Ikhlas

Dari Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khattab radhiallahuanhu, dia berkata, “Saya mendengar Rasulullah shallahu`alaihi wa sallam bersabda: Sesungguhnya setiap perbuatan ) tergantung niatnya ). Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan. Siapa yang hijrahnya ) karena (ingin mendapatkan keridhaan) Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada (keridhaan) Allah dan Rasul-Nya. Dan siapa yang hijrahnya karena menginginkan kehidupan yang layak di dunia atau karena wanita yang ingin dinikahinya maka hijrahnya (akan bernilai sebagaimana) yang dia niatkan.

(Riwayat dua imam hadits, Abu Abdullah Muhammad bin Isma’il bin Ibrahim bin Al Mughirah bin Bardizbah Al Bukhari dan Abu Al Husain, Muslim bin Al Hajjaj bin Muslim Al Qusyairi An Naisaaburi di dalam dua kitab Shahih, yang merupakan kitab yang paling shahih yang pernah dikarang).

Catatan Hadits Arbain 1 : Niat dan Ikhlas

  • Hadits ini merupakan salah satu dari hadits-hadits yang menjadi inti ajaran Islam. Imam Ahmad dan Imam Syafi’i berkata: Dalam hadits tentang niat ini mencakup sepertiga ilmu. Sebabnya adalah bahwa perbuatan hamba terdiri dari perbuatan hati, lisan dan anggota badan, sedangkan niat merupakan salah satu bagian dari ketiga unsur tersebut. Diriwayatkan dari Imam Syafi’i bahwa dia berkata,” Hadits ini mencakup tujuh puluh bab dalam fiqh. Sejumlah ulama bahkan ada yang berkata,” Hadits ini merupakan sepertiga Islam.
  •  Sebab dituturkannya hadits ini, yaitu: ada seseorang yang hijrah dari Mekkah ke Madinah dengan tujuan untuk dapat menikahi seorang wanita yang konon bernama: “Ummu Qais” bukan untuk meraih pahala berhijrah. Maka orang itu kemudian dikenal dengan sebutan “Muhajir Ummi Qais” (Orang yang hijrah karena Ummu Qais).

Kandungan Hadits Arbain 1 : Niat dan Ikhlas

  1. Niat merupakan syarat layak/diterima atau tidaknya amal perbuatan, dan amal ibadah tidak akan menghasilkankan pahala kecuali berdasarkan niat (karena Allah ta’ala).
  2. Waktu pelaksanaan niat dilakukan pada awal ibadah dan tempatnya di hati.
  3. Ikhlas dan membebaskan niat semata-mata karena Allah ta’ala dituntut pada semua amal shaleh dan ibadah.
  4. Seorang mu’min akan diberi ganjaran pahala berdasarkan kadar niatnya.
  5. Semua perbuatan yang bermanfaat dan mubah (boleh) jika diiringi niat karena mencari keridhaan Allah maka dia akan bernilai ibadah.
  6. Yang membedakan antara ibadah dan adat (kebiasaan/rutinitas) adalah niat.
  7. Hadits di atas menunjukkan bahwa niat merupakan bagian dari iman karena dia merupakan pekerjaan hati, dan iman menurut pemahaman Ahli Sunnah Wal Jamaah adalah membenarkan dalam hati, diucapkan dengan lisan dan diamalkan dengan perbuatan.

Tema-tema hadits Hadits Arbain 1 Niat Dan Kaitannya dengan Al-Qur’an

1. Niat dan keikhlasan : 7 : 29, 98 : 5
2. Hijrah                : 4 : 97, 2 : 218, 3 : 195, 8 : 72
3. Fitnah dunia            : 3 : 145, 4 : 134, 6 : 70, 8 : 67

Posted in HIKMAH | Leave a comment

Program Dana Kuliah Anak

Salah seorang ditanya, “Pak, apakah sudah menyiapkan dana kuliah untuk putra-putri bapak?”. Sang Bapak menjawab ringan, tanpa beban, “Anak-anakku masih kecil-kecil, masa kuliahnya masih jauh !”

Apa pendapat sahabat tentang tanya jawab diatas ? Apakah pernah mengalami hal diatas, atau bahkan pernah menjawab seperti itu ?

Sahabat, biaya sekolah untuk anak-anak berprestasi, dan dari keluarga tidak mampu, biasanya ada yang menyiapkan, termasuk dari pemerintah. Namun, jika anak nilainya pas-pasan atau biasa-biasa saja, maka, biaya harus disiapkan sendiri oleh kita. Karena untuk anak yang nilainya terbatas dan sahabat dari keluarga mampu artinya dengan penghasilan yang cukup, maka sekolah negeri akan memasukkannya dibarisan yang terakhir. Sekolah negeri mengutamakan anak yang dari keluarga tidak mampu, namun memiliki prestasi lebih, seperti nilai, prestasi tambahan, ataupun nilai tambah lainnya.

Bagaimana jika tidak diterima disekolah negeri, maka sahabat harus merogoh kocek lebih dalam, yaitu dengan memasukkan anak ke sekolah luar negeri, alias sekolah swadaya, sekolah swasta. Coba sahabat hitung, berapa biaya disekolah swasta, sejak pendaftaran sampai dengan wisuda ? Sudah pernah menghitung ?

Dengan memiliki dana pendidikan ini, anak bisa menjadi lebih baik dalam belajar. Namun bagaimana dengan biaya kuliahnya ? Saat ini pembiayaan dari pemerintahpun masih terbatas. Berapa yang harus kita siapkan untuk beberapa tahun ke depan kuliah anak-anak kita ?

Sahabat, ayo hitung, jika biaya kuliah saat ini, berikut biaya transport, makan, tempat tinggal, buku-buku, perlengkapan alat tulis, fotokopi, pulsa dan kuota, leptop, smartphone, uang saku dari sejak mendaftar sampai penyusunan tugas akhir, sidang, KKN, wisuda, dan lainnya !

Kemudian, dengan tingkat inflasi yang sahabat ketahui, hitung juga perkiraan biaya di masa yang akan datang tersebut.

Dengan perhitungan tersebut, sahabat akan dapat memperkirakan, berapa biaya yang harus disiapkan untuk kuliah anak-anak tercinta, dan berapa yang harus disisihkan sejak sekarang, dan berapa harus ditingkatkan tabungannya disaat ada rejeki lebih.

Sahabat, ayo sisihkan biaya kuliah anak-anak tercinta ! Mulai dari Rp. 200.000/bulan, sahabat sudah dapat mendaftar Dana Kuliah anak.

Selengkapnya hubungi tim agency kami disini, atau WA ke 0811825332

Banyak orang tua yang mungkin masih menganggap bahwa dana pendidikan anak akan mudah didapatkan selama orang tua masih bekerja dan memiliki penghasilan yang layak. Jika Anda masih berpikir seperti ini, segera ubah mindset tersebut. Sebab dana pendidikan anak harus dipersiapkan secara matang sejak dini.

Jika merasa bahwa pendidikan sangat penting untuk anak-anak, Anda sebaiknya mulai melakukan perencanaan pendidikan dengan mulai menabung dana pendidikan. Dengan membuat perencanaan, apa yang sang anak cita-citakan kemungkinan besar bisa terjadi. Tapi sebaliknya, kalau tidak ada perencanaan, ini bisa menjadi boomerang untuk keuangan Anda pada masa depan.
Berikut ini tips mempersiapkan masa depan anak dengan mempersiapkan dana pendidikan.

1. Jauh-Jauh Hari Sudah Mempersiapkan

Persiapkan jauh-jauh hari dengan mulai menabung atau berinvestasi untuk dana pendidikan. Mengapa harus dilakukan jauh-jauh hari? Sebab dana pendidikan biasanya akan mengalami kenaikan setiap tahunnya sehingga Anda tidak perlu menunggu anak hingga ia siap bersekolah. Kalau perlu, Anda siapkan dana pendidikan ini sejak anak masih dalam kandungan. Dengan begitu, Anda akan bisa mengatur keuangan dengan lebih baik.

2. Perhitungkan dan Susun Budget

Para orang tua juga sebaiknya mulai aktif untuk mencari sekolah atau universitas yang menjadi idaman para siswa. Cari tahu mengenai berapa budget yang diperlukan untuk bisa masuk ke sekolah atau universitas tersebut. Setelah itu, lakukan perhitungan berbagai biaya yang dibutuhkan.

3. Susun Budget secara Proporsional

Jika memiliki beberapa anak, Anda sebaiknya mulai menyusun budget secara proporsional dengan memisahkan dana pendidikan untuk tiap-tiap anak. Dengan demikian, budget setiap anak tidak akan terganggu dan anak-anak bisa tetap bersekolah atau berkuliah di tempat bergengsi.

4. Selalu Ambil Keputusan Berdasarkan Kenyataan yang Ada

Sebagai orang tua, Anda juga tidak boleh terlalu memaksakan antara pendidikan anak dan penghasilan yang dimiliki. Solusinya adalah coba Anda memberikan pengertian kepada anak-anak. Sebaiknya, memilih jurusan yang akreditasinya tetap baik atau sama, tapi biaya pendidikanya lebih murah. Ingatkan juga kepada mereka bahwa prestasi terbaik itu bukan karena sekolahnya, melainkan ketika berhasil mendapatkan beasiswa.

5. Apa yang Diutamakan?

Para orang tua juga harus bisa menentukan mana yang diutamakan, di samping mempersiapkan dana pendidikan anak. Susunlah daftar skala prioritas lalu cari tahu apakah Anda dapat mengurangi alokasi dana lain untuk dana pendidikan. Dana yang mungkin bisa dialokasikan adalah dana liburan dan mengurangi kebiasaan makan di restoran.

6. Bagaimana Komposisi Dananya?

Anda dan pasangan harus bisa optimal dalam mengalokasikan dana pendidikan. Terlebih jika Anda berdua memang bekerja. Setidaknya, Anda sisihkan minimal 10 persen untuk alokasi dana pendidikan anak.

7. Jangan Lupa Ambil Asuransi Pendidikan

Solusi terbaik lainya yang dapat Anda optimalkan untuk dana pendidikan adalah asuransi pendidikan. Pilih asuransi pendidikan yang menawarkan berbagai kelebihan dengan fasilitas pendidikan anak-anak Anda. Sebelum memilih, silakan Anda bandingkan berbagai produk asuransi pendidikan dari tiap asuransi.

Optimalkan Dana Pendidikan Anak dengan Menabung Sejak Dini

Segala hal yang terencana akan bisa berjalan dengan lancar, termasuk mempersiapkan dana pendidikan untuk anak. Jika Anda sudah mulai merencanakanya saat ini, mulai juga untuk menabung dana pendidikanya. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan asuransi pendidikan untuk pendidikan anak yang lebih baik yang minim risiko.

Hubungi tim agency kami disini, atau WA ke 0811825332 http://bit.ly/2BC6I63

Posted in Produk | Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , | Leave a comment

Perlindungan kesehatan berstandar dunia

This gallery contains 1 photo.

Aktivitas yang sangat padat terkadang membuat sebagian orang melupakan bahwa kesehatan tubuh sangatlah penting. Namun, terkadang sakit sudah menjadi risiko yang dapat menimpa siapa saja dan di saat yang tidak terduga. Ketika Anda dan keluarga tercinta sakit, maka Anda memerlukan … Continue reading

More Galleries | Leave a comment

AGUS RUBI YANTO

Kode Agen : S60130
Jenis Kelamin : Laki-laki
Telp/WA :+6285718421768
No Lisensi AAJI/AASI : 14647890
Email : AGUS.S60130@SUNLIFE.CO.ID

Mendaftar agen Sun Life syariah
Konsultasi tentang produk-produk Asuransi Sun Life Syariah

Home

Posted on by Administrator | Leave a comment

Program Dana Kuliah Anak

Salah seorang ditanya, “Pak, apakah sudah menyiapkan dana kuliah untuk putra-putri bapak?”. Sang Bapak menjawab ringan, tanpa beban, “Anak-anakku masih kecil-kecil, masa kuliahnya masih jauh !” Apa pendapat sahabat tentang tanya jawab diatas ? Apakah pernah mengalami hal diatas, atau … Continue reading

More Galleries | Leave a comment

Memulai investasi untuk pertama kali

This gallery contains 1 photo.

Investasi dapat membantu perencanaan keuangan Anda untuk mencapai tujuan hidup. Bagi Anda yang baru pertama kali berinvestasi, inilah panduannya. Sebagian besar orang bisa jadi berpikir bahwa orang yang memiliki uang banyak adalah investor. Faktanya? Belum tentu. Ada perbedaan signifikan pada … Continue reading

More Galleries | Leave a comment

Tentang Sun Life Financial Indonesia

This gallery contains 1 photo.

Sejak 1995, PT Sun Life Financial Indonesia (Sun Life) telah menyediakan berbagai produk proteksi dan pengelolaan kekayaan, yang meliputi asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, dan perencanaan hari tua kepada para nasabah. Di Sun Life, kami memiliki tujuan yang jelas: … Continue reading

More Galleries | Leave a comment

Asuransi untuk melindungi dan membangun kekayaan Anda

This gallery contains 1 photo.

Asuransi untuk melindungi dan membangun kekayaan Anda Asuransi tidak hanya melindungi kekayaan Anda, tetapi juga dapat membantu mengembangkannya lebih jauh. Cakupan asuransi yang dipilih secara seksama tidak hanya dapat membantu melindungi kekayaan Anda, tetapi juga dapat membantu Anda membangun kekayaan … Continue reading

More Galleries | 1 Comment

Penyakit kritis

This gallery contains 1 photo.

Perlindungan risiko penyakit kritis untuk perencanaan keuangan Anda Penyakit kritis dapat berdampak besar terhadap kehidupan seseorang: biaya medis yang tinggi dan bisa membuat anggota keluarga harus berjuang dalam hal biaya kehidupan sehari-hari. Dalam situasi tersebut, asuransi penyakit kritis dapat menjadi … Continue reading

More Galleries | 1 Comment